Masakan Khas Pulau, Gurih Sedap Tenan Gulai Kepiting Bulan

  • Whatsapp

BPS.id – Bagi anda penggila makanan laut (seafood) pasti sudah pernah mengecap lidah menu berbahan kepiting. Banyak jenis kepiting yang menjadi olahan wajib di resto makanan laut, seperti kepiting bakau, soka, yuyu, rajungan, dan jenis kenari.

Tapi, tunggu dulu !, apakah anda pernah menemukan jenis kepiting yang satu ini. Yap, orang Pulau Seribu menyebutnya kepiting bulan dan warga Pulau Panggang khusus menamainya kepiting pelongkor.

“Kita sering sebut kepiting pelongkor, susah dicarinya. Biasanya nelayan ngobor (menangkap ikan saat malam) yang dapat kepiting itu,” ungkap Saada, pemilik warung makan di Pulau Pramuka, Minggu (8/12).

Menurut dia, kepiting bulan memang jadi makanan khusus dan jarang ditemui. Pun kalau ada hanya sewaktu-waktu saja. Kepiting itu, katanya, paling enak digulai dengan bumbu kuning.

Ngolahnya, direbus dulu. Lalu, cangkangnya dibuka dan disiram dengan kuah kuning. Bisa juga di masak saos tiram atau hanya dioseng dengan irisan cabe dan bawang, sudah mantap,” ujarnya.

Rasa Kepiting bulan jauh lebih gurih dbanding dengan jenis kepiting lainnya yang biasa kita temui di menu masakan resto atau tempat makan seafood. Karena kepiting ini diambil langsung di alam dan belum jadi komuditas budidaya.

“Setahu saya belum ada yang budidaya, saya pun cari kadang-kadang saja kalau ada pesanan,” tutur Jamaludin, seorang nelayan di Pulau Panggang.

Dikatakan Jamaludin, ciri kepiting bulan berbentuk agak gempal dengan cangkang kerasnya berwarna coklat dengan bintik besar berwarna merah tua seperti bulatan bulan saat purnama.

Waduh, carinya memang agak susah, dia keluar hanya malam hari. Pun, waktunya terbatas, saat tenggelam matahari sampai jam sembilan malam saja,” kisahnya.

Konon masakan kepiting bulan pernah jadi kuliner khusus bagi tetua dan sepuh masyarakat Pulau Seribu. Bahkan, juga ada mitos kalau kepiting itu dapat menambah stamina bagi kaum pria.

Tertarik dengan kuliner unik ini, datangi dan kunjungi Pulau Seribu dan silahkan santap gurih sedap tenan kepiting bulan. Tarik mang…

 

  • Whatsapp