Jaya Beton Setuju Buatkan Akses Jalan bagi Nelayan

  • Whatsapp

BPS.id – Desakan para nelayan dan warga bagian pantai selatan Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu agar dibuatkan akses jalan penghubung dari bibir pantai ke tanggul akhirnya disetujui.

Pihak PT Jaya Beton Indonesia (JBI) selaku pelaksana pembanguan tanggul program betonisasi Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kepulauan Seribu akan membuatkan tiga titik akses jalan bagi nelayan.

Ketiga titik akses jalan berupa jembatan semi permanen itu berlokasi di wilayah RW 02 atau dikenal dengan gang Goba, Wilayah RW 03 dikenal Gang Karaoke, dan RW 04 dikenal dengan nama Gang Tengkek.

“Dari awal kita sudah minta, masalah akses jalan nelayan itu penting,” ungkap Abdul Haq Ketua Lembaga Masyarakat Kelurahan (LMK) Pulau Kelapa, Kamis (5/12).

Dia mengatakan, masalah desakan nelayan dan warga terkait akses jalan sangat wajar. Pasalnya, sejak ada tanggul akses nelayan untuk ke kapal terhalang beton.

“Kalau tidak dibuatkan akses jalan, mereka (nelayan) harus memutar jauh ke arah timur pulau. Terang aja, mereka mendesak dibuatkan,” tegas Abdul Haq.

Dewan Kabupaten Kepulauan Seribu, Muhammad Jufri menyebutkan, bahwa pihak PT JBI sudah menyetujui dan akan memenuhi permintaan para nelayan.

Bahkan, menurut dia, pekerja dari PT JBI sudah melakukan pengukuran untuk pembuatan jembatan penghubung dari bibir pantai ke tanggul sebagai akses jalan nelayan.

“Sudah, baru saja mereka menemui saya untuk izin mengukur lokasi yang akan dibuatkan akses jalan nelayan itu,” terang Jufri.

Sementara, Kepala Sudin SDA Kepulauan Seribu, Mustajab mengatakan, pihaknya telah meminta PT JBI untuk mengakomodir permintaan warga. “Ya, nanti akan dibangun juga jalan penghubung,” kata Kasudin singkat.

  • Whatsapp