Warga Pulau Diajak Jadi Pelopor Tramtibum 

  • Whatsapp

BPS.id – Kesatuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta mengajak peran aktif masyarakat untuk ambil bagian dalam perlindungan masyarakat. 

Masyarakat harus menjadi garda terdepan dan pelopor ketentraman dan ketertiban umum (Trantibum) di wilayah masing-masing.

“Intinya masyarakat harus jadi pelopor Tramtibum, karena mereka yang tahu persis dengan kondisi wilayahnya,” ungkap Atok Baroni, Kepala Perlindungan Masyarakat Satpol PP Provinsi DKI Jakarta, Rabu (4/12).

Dikatakan Atok, tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Satpol PP sudah jelas yaitu penegakan peraturan daerah (Perda), melaksanakan ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat. 

Tiap anggota Satpol PP harus mengenali masyarakat dan sebaliknya. Masyarakat juga harus mengetahui tahapan saat melaporkan bila terjadi pelanggaran ketertiban umum. 

“Artinya, tanpa keterlibatan masyarakat mustahil Satpol PP dapat melakukan penertiban secara efektif dari pelanggaran yang terjadi,” kata Atok.

Karena yang paling efektif adalah proteksi dini dari masyarakat. Mereka dapat berķoordinasi secara berjenjang dari Satpol PP dari tingkat kelurahan hingga kabupaten.

“Kepala Satpol PP tiap tingkatan meng-share no kontak yang dapat dihubungi agar diketahui oleh masyarakat,” tegas Atok Baroni.

 

  • Whatsapp