Pulau Panggang akan Tertibkan 25 Bangkai Kapal

  • Whatsapp

BPS.id – Gerak cepat dilakukan Pemerintah Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara untuk mendukung program penertiban bangkai-bangkai kapal di wilayah Kepulauan Seribu. 

Menindaklanjuti program Bupati Kepulauan Seribu ini, Kelurahan Pulau Panggang akan menertibkan sebanyak 25 bangkai kapal. Dari jumlah itu, 12 kapal siap ditertibkan karena telah mendapat izin pemiliknya.

Baca lagi : Kotori Pantai, Bangkai Kapal akan Ditertibkan

“Ada sekitar 25-an bangkai kapal berada di Pulau Pramuka dan Panggang menjadi target. Kami prioritaskan kepada 12 kapal dulu, karena untuk yang 12 ini, kami sudah dapat izin dari pemiliknya,” kata Pepen Kuswandi, Lurah Pulau Panggang, Selasa (3/12).

Sejatinya, kata lurah, dari 12 kapal, 4 diantaranya sudah ditertibkan, berlokasi di depan RPTRA Tanjong  Timor 1 kapal, di samping kiri Kantor Kelurahan 2 kapal, dan di samping RPTRA Tanjung Elang Pulau Pramuka 1 kapal. 

“Kapal-kapal yang sudah rusak, mengganggu pemandangan dan tidak pada tempatnya. Penertiban akan dilakukan secara bertahap, mengingat adanya prioritas kerja yang berbeda” tutur Pepen.

Dewan Kabupaten Kepulauan Seribu, Robin mengaku mendukung program pembenahan wilayah tersebut. Karena itu, dia meminta agar masyarakat yang memiliki kapal rusak dan tidak akan diperbaiki segera melapor ke kelurahan setempat.

“Penertiban bangkai kapal ber-efek ganda, satu sisi meringankan beban pemilik kapal untuk tidak repot membenahi rongsokan kapalnya. Di sisi lain program ini juga mendukung pembenahan wilayah khususnya untuk menjaga keindahan pantai,” jelas Robin.

Namun begitu, Robin menyarankan agar penertiban dilakukan sesuai dengan prosedur dan melihat kondisi kapal. Bila sudah disetujui pemilik, kapal yang kondisinya masih utuh sebaiknya ditenggelamkan menjadi rumah ikan atau objek wisata selam.

“Kan bisa lebih bermanfaat, yang masih agak utuh ditenggelamkan untuk rumpon, sedangkan yang rusaknya parah, matrialnya dapat dimanfaatkan untuk kayu bakar,” saran Robin.

loading...
  • Whatsapp