Kurang Greget, Kinerja PPSU akan Digeber di 2020

  • Whatsapp

BPS.id – Kinerja petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) di Kepulauan Seribu mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten setempat. Kinerja pasukan andalan berseragam oranye dinilai kurang greget sepanjang tahun 2019 ini.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) Bupati Kepulaun Seribu, Sujanto Budiroso mengatakan, peningkatan kinerja PPSU menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu sepanjang tahun 2019 ini.

Dari itu, dia menegaskan akan lebih memperketat dan menambah kualifikasi pada evaluasi kinerja petugas yang lama. Bila tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan, selanjutnya akan diganti dengan rekrutmen baru.

Baca lagi : Hati-hati Kesaktian ‘Orang Dalam’ di Rekrutmen PPSU

“Pada seleksi rekrutmen baru pun tidak sembarangan. Tidak ada kata titipan atau dibawa siapa. Kita ingin petugas yang benar – bener berkualitas dan berkinerja baik,” tegas Budiroso, Selasa (3/12).

Sejalan dengan tujuan itu, mantan Aspemkesra Walikota Jakarta Pusat ini menekankan kepada pimpinan kelurahan agar lebih selektif memilih dan mengedepankan azas profesionalisme dalam menilai kinerja petugas PPSU di wilayahnya.

“Lurah harus jadi menejer wilayah, bila kinerja PPSU-nya baik itu sangat membantu kerja lurah dalam melakukan pelayanan dan pembenahan wilayah,” papar mantan camat berprestasi saat bertugas sebagai Camat Johar Baru, Jakarta Pusat ini.

Dikatakan Budiroso, prioritas program Bupati Kepulauan Seribu sangat jelas yakni menjadikan Kepulauan Seribu sebagai kawasan destinasi pariwisata dan menempatkan Kepulauan Seribu sebagai halaman muka Kota Jakarta.

“Jadi, peran PPSU disini sangat penting. Karena hal utama dari karakter pariwisata adalah kebersihan wilayah. Bila kebersihannya terjaga, itu nilai plus dan pasti mendapat kesan baik dari pengunjung wisata,” tuturnya.

Zonaisasi dan One Day Report

Upaya meningkatkan kinerja PPSU di tahun 2020, Budiroso menyebutkan, pihaknya akan memberlakukan zonaisasi dalam penanganan kebersiahan wilayah. Tiap petugas PPSU memiliki tanggung jawab penuh terhadap zona kerjanya.

Selain itu, akan juga diberlakukan program One Day Report (ODR) dari tiap petugas PPSU. “Akan dibuat grup Whats App khusus petugas PPSU se-Kepulauan Seribu. Kita akan pantau ODR mereka dengan bukti gambar yang di-share di grup setiap hari,” jelasnya.

Budiroso berharap, trobosan-trobosan yang akan dilakukan ini dapat mendongkrak semangat dan kinerja petugas PPSU di tahun 2020 mendatang. Dan tujuan utama Kepulauan Seribu sebagai kawasan pariwisata strategis bisa terwujud.

  • Whatsapp