Ambil Sampel Air, Sudinkes Telusuri Sebab Penyakit Gatal

  • Whatsapp

BPS.id – Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu mulai menelusuri penyebab penyakit gatal yang diderita sejumlah warga di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, Selasa (3/12). Petugas Sudinkes melakukan pengambilan sampel air dari sumur-sumur warga yang terjangkit.

Terlihat di lokasi ada empat petugas yang melakukan pendataan pemilik sumur. Selanjutnya petugas melakukan pengambilan air dan langsung memasukannya ke dalam botol berkapasitas 1,5 liter.

Saat ditemui di lokasi, Hj. Susilowati, Kepala Puskesmas Kelurahan Pulau Panggang menjelaskan bahwa untuk menelusuri penyebabnya dilakukan pengambilan sejumlah sampel air dari sumur milik warga.

“Tidak hanya makanan saja yang kita ambil sampel, namun kondisi air juga kita lakukan pemeriksaan. Ini untuk mengetahui seberapa kandungan bakteri yang ada,” kata Susilowati.

Menurut dia, tidak menutup kemungkinan kandungan bakteri pada air bisa menjadikan penyebab penyakit gatal. Selain itu, penyakit gatal juga bisa disebabkan oleh kebersihan perorangan dan faktor kelembaban udara.

“Yang penting pola hidup bersih, yang telah menderita sedini mungkin menghindari penggunaan handuk atau lainya secara bersamaan. Dari udara dan kebersihan kuku  tangan sangat bisa jadi sarana penularan,” terangnya.

Baca lagi : Warga Pulau Pramuka Terserang Sakit Gatal

Seperti diberitakan sebelumnya, penyakit gatal menyerang beberapa warga di Pulau Pramuka dalam satu bulan terakhir. Penyakit gatal diduga akibat air sumur yang tercemar. Warga mengeluh kulit gatal, merah-merah dan bengkak.

loading...
  • Whatsapp