Warga Pulau Pramuka Terserang Sakit Gatal

  • Whatsapp

BPS.id – Penyakit gatal menyerang beberapa warga di Pulau Pramuka dalam satu bulan terakhir. Penyakit gatal diduga akibat air sumur yang tercemar.

Warga di RW 05 Kelurahan Panggang yang juga pusat Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu ini mengeluh kulit gatal, merah-merah dan bengkak.

Ketua RW 05 Kelurahan Pulau Panggang, Sairan mengaku sudah sebulan menderita gatal dan baru mengalaminya pertama kali selama tinggal di Pulau Pramuka.

Banyak warga juga mengeluh kepadanya karena mengalami hal serupa, bahkan sudah sebulan lalu.

“Awalnya muncul gatal pada bagian leher kemudian memerah dan membengkak, hingga menjalar ke seluruh bagian tubuh. Hampir menyerupai penyakit cacar,” ungkapnya kepada beritapulauseribu.id, Senin (2/12).

Terkait penyakit yang belum diketahui pasti penyebabnya tersebut, beberapa warga sudah memeriksakan ke dokter. Menurut keterangan dokter, gatal-gatal tersebut dipengaruhi faktor air sumur yang kurang bagus saat digunakan untuk mandi.

“Kalo kata dokter faktor air sumur yang kurang baik. Soalnya kita warga mandi menggunakan air tanah (Sumur)  kasihan anak-anak malah lebih parah,” jelasnya.

Penyakit tersebut semakin parah jika kondisi tubuh berkeringat di malam hari. Petugas medis menyarankan agar mandi bilas dengan air kemasan untuk sementara.

Hingga kini pihak Pemkab maupun pihak terkait belum ada yang turun untuk mengecek penyebab gatal yang terjadi di Pulau Pramuka. “Kami ingin segera ada pengujian laboratorium untuk memastikan sumber penyakitnya,” pinta Ketua RW.