Kotori Pantai, Bangkai Kapal akan Ditertibkan

  • Whatsapp

BPS.id – Keberadaan bangkai kapal yang tidak terurus dan dibiarkan ter-onggok di bibir pantai pulau-pulau permukiman di Kepulauan Seribu akan ditertibkan. Itu dilakukan untuk menghilangkan kesan kotor pada pantai, mengingat Kepulauan Seribu sebagai kawasan tujuan wisata.

“Sedang dilakukan pendataan, bangkai kapal yang sudah tidak diurus oleh pemiliknya akan kita pindahkan atau dibongkar ditempat,” ungkap Sujanto Budiroso, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kepulauan Seribu kepada beritapulauseribu.id, Senin (2/12) malam.

Menurutnya, penertiban bangkai kapal bertujuan untuk menjaga estetika pantai sebagai objek utama pariwisata. “Ini atas perintah pak bupati. Lurah-lurah segera mendata lalu menginfomasikan kepada pemilik kapal yang akan ditertibkan,” kata Budiroso.

Pada pelaksanaannya, tambah dia, Pemerintah Kabupaten akan mengedapankan upaya persuasif dengan meminta persetujuan pemilik terlebih dahulu. “Sudah kita lakukan di Pulau Panggang dan pemilik setuju, bahkan proses pemindahanya dilakukan bersama dengan pemiliknya,” jelasnya.

Sementara, Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad menyebutkan, penertiban terhadap bangkai-bangkai kapal adalah bagian dari mendukung wilayah Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata yang kian digemari.

“Ini harus dilakukan, karena Kepulauan Seribu saat ini adalah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Upaya itu juga untuk memberikan rasa nyaman bagi wisatawan,” kata bupati seperti dikutip dari media online resmi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu pulauseribu.jakarta.go.id.

  • Whatsapp