Hati-hati Kesaktian ‘Orang Dalam’ di Rekrutmen PPSU

  • Whatsapp

BPS.id – Idiom ‘orang dalam’ menjadi frase menakutkan saat diadakannya rekrutmen Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) di Kepulauan Seribu.

Dari tahun ke tahun, kesaktian ‘Orang dalam’ sangat ampuh menentukan lolos dan lulusnya pelamar kerja bergabung dengan pasukan oranye itu.

“Itu bukan rahasia umum, keberadaan orang dalam cukup menentukan dan bukan hanya di rekrutman PPSU,” ungkap Didi Setiady, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kepulauan Seribu kepada beritapulauseribu.id, Jumat (29/11).

Kondisi itu mengundang keprihatinan. Menurut Didi, pola perekrutan harus lebih transparan dan pun informasi kriteria tenaga yang dibutuhkan harus disebarluaskan sejak dini.

“Ada beberapa kasus yang sempat jadi perhatian kita. Karenanya, KNPI akan tampil didepan untk mengawasi dan memonitor proses rekrutmen itu,” tegas Didi.

Sebelumnya, seperti dilansir media online resmi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu pulauseribu.jakarta.go.id, pada Desember 2019 ini Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu akan melakukan rekrutmen baru petugas PPSU.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kepulauan Seribu, Sujanto Budiroso mengatakan, rekrutmen petugas PPSU dilakukan tiap tahun sebagai bahan evaluasi kinerja untuk perpanjangan kontrak.

“Kinerja PPSU harus lebih ditingkatkan agar Kepulauan Seribu sebagai pulau tujuan wisata bersih dari sampah,” terangnya.

Ditambahkan Budiroso, pihaknya akan membuat zonasi kerja bagi PPSU, dan dipantau pengawas baik para Kasie maupun staf kelurahan, agar penanganan sampah di tiap-tiap pulau maksimal.

“Lurah harus memberikan jadwal maupun laporan apa saja tiap hari dikerjakan PPSU, termasuk PJLP dari UKPD lainnya,” tutupnya.