Siswa SMK dari Pulau Seribu Beraksi di JBP

  • Whatsapp

BPS.id – Siswa SMKN 61 Jakarta mendapat kesempatan mempresentasikan bisnis mereka dalam ajang kompetisi bisnis antar siswa sekolah se DKI me Jakarta. Kompetisi  bertajuk Jakbee Bussines Proposal digelar oleh Baznas (Bazis) DKI Jakarta secara serentak di lima wilayah di DKI Jakarta.

Kedelapan siswa yang terdiri dari tiga kelompok itu mempresentasikan bisnis mereka dihadapan dewan Juri di Kantor Walikota Jakarta Utara, Kamis (28/11). Ketiga kelompok ini masing-masing mempresentasikan proposal mereka, dengan judul Anak Pulo Melek marketing, Pukcue Milenial, dan Travel Pulau Tidung.

Penampilan para peserta dari sekolah kejuruan di Pulau  Tidung, Kepulauan Seribu ini cukup baik dan terarah dalam membawakan presentasi. Para peserta cukup percaya diri dengan materi-materi yang dibawakan terkait dengan business online yang mereka ajukan. Sepanjang presentasi, mereka mencoba memikat dewan juri dengan ide-ide bisnis yang mereka ajukan. Mereka juga dapat menjawab pertanyaan dewan juri dengan lugas.

Rindi Sepliana, siswi kelas 12 jurusan Administrasi Bisnis dan Perkantoran, misalnya, dengan penuh percaya diri memaparkan bisnis online marketing yang diajukan oleh kelompoknya dihadapan dewan juri. Menurut dia, untuk mempromosikan sebuah produk di Kepulauan Seribu dapat dilakukan dan dimulai dengan membuat aplikasi khusus.

Muzayyanah (37), guru pendamping dari SMK 61 yang mendampingi para pelajar dari Kepulauan Seribu ini mengaku sangat puas dengan penampilan para siswanya.

“Secara keseluruhan, siswa kami menguasai materi, untuk Rindi bahkan tadi dapet pujian dari juri, cara penyampaiannya bagus, terlihat seperti MC,” tutur Guru Bahasa Inggris di SMKN 61 Jakarta ini.

Bagi para pelajar, ajang kompetisi Jakbee Bussines Proposal ini merupakan ajang yang sangat penting dalam mengembangkan pengetahuan mereka tentang dunia bisnis.

“Jakbee Business proposal Competition ini penting terutama untuk pelajar SMK dalam membangun kreatifitas dan inovasi terhadap produk-produk di zaman digital ini, sebagai salah satu tabungan para pelajar ke depannya, terutama melatih diri dalam memperoleh income pribadi dan meringankan beban orang tua,” ungkap Faiz Afdal, pelajar SMKN 23 Jakarta Utara, ketika ditemui usai presentasi proposal bisnisnya di lokasi kompetisi.

Penampilan para peserta Jakbee Bussines Proposal selama dua  hari ini akan dinilai oleh para dewan juri untuk menentukan apakah proposal yang mereka ajukan layak dikompetisikan kembali di tingkat propinsi.

  • Whatsapp