Swafoto ‘Love’ Milik Sudin PE Pulau Seribu Dituding Plagiat

  • Whatsapp

PULAU PRAMUKA – Desain Swafoto baru yang dbangun Suku Dinas Perindustrian dan Energi Kepulauan Seribu berbentuk tulisan ‘love’ dituding plagiat. Swafoto itu berada di empat lokasi wisata dan dibangun menggunakan dana APBD DKI Jakarta 2019 sebesar Rp 195 juta.

“Desainnya plagiat, bentuk tulisan sama dengan yang ada di Philadelphia, Amerika,” ujar Musleh, Ketua Asosiasi Jasa Wisata Kepulauan Seribu, Rabu (27/11/2019).

Menurut Musleh, informasi plagiat swafoto itu diterima dari wisatawan asing yang berkunjung ke Pulau Pramuka beberapa waktu lalu. “Ya kaget aja, soalnya swafoto itukan gunakan APBD, harusnya desain original dan berkarakter wisata kepulauan,” tuturnya.

Untuk memastikan swafoto itu plagiat, sambung Musleh, dapat dilihat pada latar muka pencarian google. “Kalau kita search di google dengan kata kunci visit philadelphia love maka akan terlihat gambar desain yang sama dengan yang dipasang Sudin PE,” jelasnya.

Namun begitu, kata Musleh, pihaknya selaku penggiat jasa wisata selalu mendukung inovasi atau gagasan pemerintah dalam menambah spot wisata di Kepulauan Seribu. “Kita sangat dukung, apalagi kalau spot itu mencirikan karakter Kepulauan Seribu,” sarannya.

Kepala Sudin PE Kepulauan Seribu Derliana Melinda Sagala enggan menanggapi prihal tudingan plagiat desain swafoto berbentuk love. “Saya sedang diklat, hubungi kepala seksi aja,” katanya singkat melalui aplikasi berbagi pesan.

Kepala Seksi Pencahayaan Kota Sudin PE Kepulauan Seribu Ilham Raya berjanji akan menyelidiki masalah tersebut. “Kami akan selediki dulu, itu projek dipihakketigakan. Bila benar plagiat, kita akan minta tanggung jawab kontraktornya,” tegas Ilham.

  • Whatsapp