300 Meter Kubik Sampah di Pulau Kelapa Dibersihkan

  • Whatsapp

PULAU PRAMUKA – Penumpukan sampah di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara telah dibersihkan oleh Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu. Tumpukan sampah terjadi karena terkendala kapal angkut yang tengah dalam masa pemeliharaan dan perawatan kapal (docking).

“Sekarang sudah beroperasi lagi, butuh 2 kali jalan kami mengangkut sampah di Pulau Kelapa, saat ini kondisinya sudah aman,” ungkap Yayat Supriatna, Plt. Kasudin Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu, Rabu (27/11/2019).

Menurut Yayat, tumpukan sampah di Pulau Kelapa terjadi karena kapal angkut dalam masa docking. “Bukan hanya di Pulau Kelapa, pulau-pulau penduduk lain juga sama. Saat ini kita genjot pengangkutannya,” kata Yayat.

Untuk Pulau Kelapa saja, dia menyebutkan tumpukan sampah diperkirakan mencapai 300 meter kubik. “Kapasita maksimal kapal angkut sampah 150 meter kubik. Ya kalau dua kali jalan diperkirakan 300 kubik sampah di Pulau Kelapa,” jelasnya.

Lurah Pulau Kelapa Madi M Dali mengatakan, tumpukan sampah di tempat penyimpanan sementara sudah menggunung. Karena itu, dia berkoordinasi dengan Sudin LH Kepulauan Seribu untuk segera melakukan pengangkutan.

“Sudah dibersihkan, tenaga PJLP Sudin LH dua hari ini saya lihat membersihkan lokasi itu,” terang Lurah.

  • Whatsapp