Bangga, Pramuka Pulau Seribu Wakili Jakarta di Pertikawan Nasional 2019

  • Whatsapp

ANCOL – Perkemahan Bakti Satuan Karya Kalpataru dan Wanabakti (Pertikawan) Nasional 2019 kini telah usai. Kegiatan dilaksanakan di Bumi Perkemahan dan Garaha Wisata (Buperta) Pramuka Cibubur berlangsung pada 18-25 November 2019.

Bertajuk ‘Menjahit Nusantara dengan Bahan Daur Ulang’, event lima tahunan ini diikuti sekitar 2 ribu peserta dari seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, 40 diantaranya adalah anggota Pramuka dari Kepulauan Seribu, mereka tergabung dengan 175 perwakilan Gerakan Pramuka Provinsi DKI Jakarta.

“Sangat membanggakan, dari total 175 anggota Pramuka se-DKI Jakarta, Kepulauan Seribu mengirim 40 peserta di Pertikawan Nasional 2019,” sebuat Syukur Saiman, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kepulauan Seribu, Senin (25/11/2019).

Syukur mengatakan, prestasi ini tak lepas dari dukungan semua pihak. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu, Suku Dinas Pendidikan Kepulauan Seribu, dan PT Nusantara Regas serta pihak-pihak terkait.

“Kami berterima kasih atas dukungan ini. Karenanya, keikutsertaan kami berjalan baik hingga selesai,” tuturnya saat mendampingi kepulangan peserta ke pulau masing-masing.

Selama perkemahan, Syukur mengatakan, kontingen Pramuka Kepulauan Seribu ikut berpartisipasi dalam sejumlah acara, antara lain bakti sosial, pemanfaatan bahan daur ulang, dan aksi pelestarian lingkungan.

“Banyak pengetahuan yang didapat dan itu memotivasi kami untuk lebih meningkatkan aktivitas kepramukaan di Kepulauan Seribu,” urai Syukur yang juga seorang akademisi ini.

Lebih jauh, Syukur berharap, pengetahuan dari kegiatan Pertikawan Nasional 2019 dapat diimplementasikan dalam kehidupan nyata dan diketuktularkan kepada anggota Pramuka lainnya.

“Isu yang diangkat sangat relevan dengan kondisi Kepulauan Seribu saat ini. Mendorong peran dan partisipasi generasi milenial dalam pelestarian alam,” paparnya.