Audit Sertifikasi, RPTRA Tanjong Timor Berbenah

  • Whatsapp

PULAU PANGGANG – Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Tanjong Timor, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu masuk penilaian Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) dalam rangka audit sertifikasi

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Kabupaten Kepulauan Seribu, dr. Silvana mengatakan, Tim Auditor Independen RBRA sudah hadir dan melihat langsung kondisi RPTRA Tanjong Timur,

“Ada beberapa catatan positif yang memang harus diperhatikan dan menjadi fokus pembenahan. Prinsipnya sebagian besar persyaratan standar dari sertifikasi sudah terpenuhi,” kata Silviana, Senin (25/11/2019).

Hal ini, kata dia, adalah hasil kerja sama dengan lintas sektoral terkait, serta dukungan dari pimpinan. “Tim auditor juga menilai sejauh mana progres integrasi antar sektoral, karena RBRA menjadi tanggung jawab bersama,” jelas Silvana.

Selain itu, tambahnya, peran masyarakat juga penting untuk melihat kegunaan dan kebutuhan anak-anak. Mereka juga memberikan usulan-usalan dan itu tertuang dalam borang PPAPP Kepulauan Seribu.

“Kita optimis akan mendapat penilaian terbaik, memang situasi tantangan cukup besar. Tapi semangat pengelola juga luar biasa,” ujarnya.

Sementara, Koordinator Tim Auditor RBRA Djoko Susanto mengatakan, RPTRA Tanjong Timor umumnya sudah cukup baik. Dari 13 persyaratan standar sertifikasi, tujuh item perabotan telah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

Menurut dia, fasilitas permainan untuk vegetasi cukup memadai dan banyak ragam. Lalu, dari fungsi bangunan utama digunakan untuk kantor dan tempat pertujukan seni. “Memang ada beberapa bagian yang butuh penyempurnaan,” jelasnya.

“Intinya, kita auditor memastikan bahwa tempat itu nyaman buat aktivitas anak-anak dan memenuhi standarisasi yang telah ditetapkan,” tambah Djoko.