Kantin SDN Pulau Kelapa 02 Jadi Percontohan Kantin Sehat di Kepulauan Seribu

  • Whatsapp

PULAU KELAPA – SDN Pulau Kelapa 02 Pagi, Kelurahan Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara menjadi percontohan pengembangan kantin sehat di Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Kantin sehat hasil kerjasama PT Nusantara Regas dan SDN Pulau Kelapa 02 Pagi resmi dimanfaatkan sejak Oktober 2019 lalu.

Kepala SDN Pulau Kelapa 02 Pagi Rustini mengatakan, inovasi berupa kantin sehat sangat diapresiasi orang tua siswa karena berdampak positif bagi siswa di sekolah.

Kantin sehat menjaga kesehatan murid agar tidak jajan sembarangan yang cenderung tidak sehat bagi kesehatannya. Tepatnya, jajanan yang banyak menggunakan zat pengawet dan pewarna makanan.

“Adanya kantin sehat juga mengurangi kesan kumuh yang disebabkan pedagang jajanan anak di depan sekolah,” ungkap Rustini, Senin (18/11/2019).

Rustini memaparkan, pengelolaan kantin sehat memperhatikan penggunaan bahan makanan dan kondisi kebersihan kantin. Kantin telah sesuai dengan standar pengelolaan yang dianjurkan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Seperti tersedianya sumber air bersih, tempat sampah tertutup, higienis, ventilas serta tanda larangan merokok.

“Hari ini, kantin sehat kami sedang ditinjau oleh BPOM. Hasilnya, kami ingin mendapat Piagam Bintang Satu Keamanan Pangan Kantin,” pinta Rustini.

Keberadaan kantin sehat di SDN Pulau Kelapa 02 pagi disambut baik oleh sejumlah orang tua siswa. Saat ini, mereka tidak khawatir dengan bahan jajanan yang dikonsumsi anaknya di sekolah.

“Saya tidak khawatir lagi, sejak ada kantin sehat jajanan anak-anak lebih terjaga kesehatannya,” ujar Suirot (30) sala satu orang tua siswa.

  • Whatsapp