RSUD Cengkareng Jamin Layanan Pengobatan Warga Pulau Diprioritaskan

  • Whatsapp

CENGKARENG – Keluhan sejumlah warga Kepulauan Seribu terkait layanan obat resep dokter di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat mendapat tanggapan positif dari rumah sakit tersebut. Manajemen RSUD Cengkareng menjamin warga yang berobat dari wilayah kepulauan di DKI Jakarta ini akan mendapat prioritas pelayanan.

Namun begitu, pihak rumah sakit berharap kepada masyarakat dan keluarga pasien dari Kepulauan Seribu memehami kondisi keuangan RSUD Cengkareng yang saat masih terkendala dengan administrasi pembayaran dari BPJS. Sehingga tidak dapat memberikan pelayanan obat sepenuhnya.

“Pada prinsipnya kami akan selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasien-pasien Kepulauan Seribu dan akan berusaha semaksimal mungkin agar obat-obat yang dibutuhkan oleh pasien pulau bisa tersedia,” ungkap Selamat, Perwakilan Manajamen RSUD Cengkareng, Sabtu (16/11/2019).

“Tolong sampaikan ke pasien-pasien pulau dan umumnya kepada masyarakat Kepulauan Seribu agar memahami dan pengertian dengan kondisi keuangan RSUD Cengkareng akibat tersendatnya pembayaran dari BPJS sehinggah untuk sementara ini tidak bisa menyediakan obat-obat yang dibutuhkan dengan sepenuhnya,” pinta Selamat.

Sebelumnya, Ketua Lembaga Bantuan Kesehatan Masyarakat (LBKM) Kepulauan Seribu Sahlan Muntako mengaku menghadap pihak Manajemen dan unit Farmasi RSUD Cengkareng. LBKM bertujuan memperjuangkan kepentingan masyarakat Kepulauan Seribu agar setiap warga pulau yang berobat ke RSUD Cengkareng agar diprioritaskan dan mendapatkan obat yang diresepkan oleh dokter.

“Kasihan warga pulau jauh-jauh berobat ke Cengkareng tapi pulang tidak mendapat obat sepenuhnya yang diresepkan dokter. Mau beli di apotik luar tidak mampu,” tutur Sahlan.

Dikatakan Sahlan, LBKM yang selama ini membantu kepentingan masyarakat Kepulauan Seribu yang berobat di RSUD Cengkareng telah berkoordinasi Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu. “Kita telah berkoordinasi dengan Sudin Kesehatan tentang sulitnya pasien asal Kepulauan Seribu mendapatkan obat yang selalu kosong di RSUD Cengkareng,” terangnya.

“Alhamdulillah, Kepala Sudin telah melanjutkan permasalahan ini ke tingkat Dinas Kesehatan dan hasilnya pihak RSUD Cengkareng berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat pulau,” tambahnya.

loading...
  • Whatsapp