Kebakaran di Pulau Tidung Diduga karena Puntung Rokok

  • Whatsapp

Musibah kebakaran terjadi terjadi di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Ketua RW 03 Pulau Tidung, KHaerudin mengungkapkan, peristiwa itu terjadi pada Minggu malam (3/11/2019) sekitar pukul 23.30. Penyebab kebakaran diduga karena puntung rokok yang dibuang sembarangan.

“Yang terbakar merupakan lahan pribadi atas nama Chandra, yang terletak di sebelah barat Kampung Baru,” kata Khaerudin kepada beritapulauseribu.id, Minggu (3/11/2019).

Untuk mengantisipasi kejadian serupa tak terulang, pengurus wilayah setempat telah memasang spanduk imbauan larangan membuang sampah dan puntung rokok sembarangan. “Spanduk imbauan sudah ada tapi kecil, rencana akan diperbanyak,” ujar Khaerudin.

Kepala Sektor 8 Kepulauan Seribu Selatan Sudin Gulkarmat Kota Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Eko Mahendro menjelaskan, untuk memadamkan api sebanyak 2 unit pompa apung dan 9 personel petugas pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian. Api akhirnya bisa dipadamkan sekitar pukul 00.25.

Eko pun mengimbau kepada masyarakat agar tidak membakar sampah lalu ditinggal, dan membuang puntung rokok sembarangan. Menurutnya, jajarannya juga secara rutin melakukan monitor. Meski demikian, Eko menegaskan perlunya kolaborasi antar sektor agar peristiwa yang sama tidak terulang.

  • Whatsapp