Paving Block 3D Hiasi Jalan Utama Pulau Pramuka

  • Whatsapp

“Inovasi ini untuk menjadi daya tarik wisata dan dalam rangka mendukung Kepulauan Seribu sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang dicanangkan pemerintah pusat,”

Pulau Pramuka sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Kepulauan Seribu, kian hari makin cantik dengan penataan dan pembenahan di sejumlah ruas jalan utama. Seperti di jalan utama pulau sepanjang 1.500 meter ditata dengan tampilan paving block tiga dimensi (3D).

Penataan jalan yang kian cantik ini mendapat apresiasi warga sekitar jalan itu. “Sangat menarik, bila kita lihat sepintas jalan itu seperti kotak yang disusun,” ujar Suheni (52) salah seorang warga Pulau Pramuka yang membuka kedai makanan di samping Plaza Kabupaten, Rabu (30/10).

Hal senada disampaikan Marjuki (41), seorang nelayan yang menambatlabuhkan kapal perahunya di Kolam Labuh Kabupaten. “Makin betah nongkrong disini, belum jadi saja sudah bagus,” tuturnya.

Pengawas Proyek Penataan Jalan dari PT Ambalat Jaya Abadi selaku kontraktor Amsir mengatakan, pihaknya akan melaksanakan pekerjaan sebaik mungkin. Penggunaan paving block tiga dimensi merupakan model baru dan disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten.

“Untuk sementara baru jalan utama saja yang menggunakan paving block bercorak 3D. Sedangkan, ruas jalan lainnya masih menggunakan paving block standar,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Unit Kerja Teknis (UKT) 2 Kepulauan Seribu, Sofyan menuturkan penggunaan model tampilan paving block tiga dimensi adalah bagian dari inovasi. Hal itu untuk menjadi daya tarik wisata di Kepulauan Seribu dan di Indonesia model tiga dimensi baru ada di Bali dan di Kepulauan Seribu.

“Inovasi ini untuk menjadi daya tarik wisata dan dalam rangka mendukung Kepulauan Seribu sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang dicanangkan pemerintah pusat,” sebut Sofyan.

Selain penataan ruas jalan, dia mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya juga menggandeng swasta untuk membantu pembenahan dan relokasi pedagang yang selama ini mengelar dagangan di ruas jalan utama Pulau Pramuka.

Reporter : Widi Pratama I Editor : Amin Suciyadi

  • Whatsapp