Diteksi Dini Kanker Serviks, Puskesmas Giatkan Program Pemeriksaan IVA Keliling

  • Whatsapp

“Kita melakukan penyuluhan langsung kepada ibu-ibu dan menggiatkan program diteksi dini dengan pemeriksaan IVA secara ‘door to door’,”

Untuk mencegah resiko meningkatnya penyakit kanker mulut rahim (Kanker Serviks) di Kepulauan Seribu, Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu melalui Puskesmas menggiatkan program diteksi dini dengan metode pemeriksaan keliling IVA (Inspeksi Visual Asetat).

“Kita melakukan penyuluhan langsung kepada ibu-ibu dan menggiatkan program diteksi dini dengan pemeriksaan IVA secara ‘door to door’,” ungkap dr. Herwin Maefendy, Kepala Sudin Kesehatan Kepulauan Seribu, Rabu (30/10).

Foto : Puskesmas KSU

Disebutkan Herwin, cakupan keseluruhan pemeriksan IVA se-Kepulauan Seribu saat ini mencapai 4.006 orang terbagi atas 2.402 orang di wilayah Kepulauan Seribu Utara dan 1.604 orang di Kepulauan Seribu Selatan. “Ibu-ibu sangat antusias dengan program ini, karena selain berguna untuk kesehatan, biaya pemeriksaan ditanggung oleh BPJS serta akses layanan pun mudah,” ujarnya.

Menurutnya, program diteksi dini kanker serviks melibatkan organisasi wanita dari lintas sektoral yang ada di Kepualaun Seribu. Selain itu, untuk mendukung program telah dilakukan pelatihan bagi tenaga medis oleh Yayasan Kanker Indonesia (YKI). “Tenaga medis di Puskesmas dan kader IVA telah terlatih serta memiliki sertifikat dari YKI untuk melakukan skrining pada wanita usia subur atau yang telah menikah,” jelas Herwin.

Sebelumnya, tambah Herwin, sosialisasi juga sudah dilakukan, baik melalui media cetak seperti brosur dan spanduk maupun media elektronik mengenai informasi bahaya kanker serviks. “Sudah ada testimoni ibu-ibu yang telah melakukan pemeriksaan IVA dengan mengajak ibu lainnya mengikuti program tersebut,” imbuhnya.

Salah seorang warga Basiroh (46) mengaku mendukung program pemeriksaan dini kanker serviks yang dilaksanakan. Program ini menurut dia, sangat membantu karena para ibu dapat mengetahui lebih dini bahaya penyakit kanker serviks. “Awalnya memang agak malu-malu. Tapi karena manfaatnya untuk kesehatan, sekarang banyak ibu-ibu yang mau periksa IVA,” katanya.

Reporter : Widi Pratama I Editor : Amin Suciady

loading...
  • Whatsapp