Warga Siap Terima Akses Permodalan

  • Whatsapp

Sejumlah warga di Kepulauan Seribu telah dinyatakan siap menerima akses permodalan. Mereka telah melewati enam tahap pendampingan menjadi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Yang diberikan bukan modal, tetapi akses permodalan. Dananya adalah pinjaman modal dari Bank DKI,” ujar Ketua Unit Kerja Teknis (UKT) 2, Sofyan saat dihubungi beritapulauseribu.id, Jumat (25/10).

Sofyan menjelaskan, bantuan akses permodalan diberikan melalui beberapa tahap. Pertama, warga harus mendaftar sebagai peserta OK OCE. Kedua, warga akan diberi pelatihan kewirausahaan. Ketiga, didampingi untuk menjalankan usahanya.

Keempat, mengajukan izin usaha ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) DKI Jakarta. Kelima, akan dibantu untuk memasarkan produk usahanya. Keenam, warga dilatih membuat laporan keuangan.

“Terakhir, barulah warga bisa mengajukan pinjaman modal ke bank. Izin usaha dan laporan keuangan menjadi syarat untuk mengajukan pinjaman modal,” tegasnya.

Disebutkan Sofyan, laporan keuangan cukup satu bulan pun, Bank DKI sudah bisa memberikan akses permodalan. “Setahu saya, saat ini ada sekitar 35 warga yang siap mendapat pinjaman modal dari Bank DKI. Sementara ada beberapa lagi yang tidak dapat karena masih memiliki utang di bank lain,” pungkasnya. (Rep)

  • Whatsapp