Pulau Pramuka, Pusat Pemerintah yang Berdaya Tarik Wisata

  • Whatsapp
Foto : Gerbang Pulau Pramuka [istimewah]

Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau yang berada pada gugusan Kepulauan Seribu. Pulau ini merupakan pusat administrasi dan pemerintahan Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka termasuk ke dalam Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara.

Pulau ini dapat dicapai melalui perjalanan laut dengan perahu motor tradisional dari pelabuhan Kali Adem Muara Angke, Kelurahan Kapuk Muara, atau dengan perahu motor cepat (speedboat) dari dermaga kapal Marina Ancol, Jakarta Utara.

Foto : Gapura Plaza Kabupaten Kepulauan Seribu [istimewah]
Apabila ingin melakukan perjalanan ke pulau lainnya di Kepulauan Seribu, pengunjung dapat menyewa ojek perahu untuk diantar langsung ke Pulau Panggang, Pulau Karya, Pulau Semak Daun, dan pulau-pulau lainnya.

Pulau Pramuka pada saat era orde lama bernama Pulau Lang/Elang, karena terdapat banyak burung elang bondol saat itu. Hingga tahun 1980-an masih dapat ditemukan elang bondol, yang sekarang dikenal sebagai lambang Daerah Khusus Ibu kota (DKI) Jakarta. Elang-elang itu hilang seiring pembersihan pulau untuk dijadikan permukiman.

Awal penggantian nama Pulau Pramuka didapatkan karena adanya kegiatan kepramukaan. Sebelum adanya Bumi Perkemahan Cibubur di Jakarta, pihak kepramukaan mengirim anggotanya untuk berlatih di pulau ini. Ini terjadi sekitar tahun 1950-an hingga 1970-an.

Tata tempat tinggal dan sanitasi di Pulau Pramuka cukup baik. Sarana dan prasarana cukup memadai, mulai dari masjid, rumah sakit, kantor pos, sekolah, dermaga, TPI (Tempat Pelelangan Ikan), villa dan penginapan bagi pengunjung wisata.

Foto : Lokasi Wisata Taman Nasional Kepulauan Seribu [istimewah]
Di pulau ini terdapat sarana pelestarian penyu sisik (Eretmochelys imbricata) yang saat ini jumlahnya sudah sedikit sehingga dilindungi. Selain itu terdapat pula lokasi wisata hutan mangrove yang dikelolah oleh Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu (TNKpS).

loading...
  • Whatsapp